Pages

Selasa, 14 Januari 2014

MENGAPA MEMILIH KAMARUDDIN AMIN SEBAGAI CALON REKTOR UIN ALAUDDIN 2014-2019

Lima Alasan Mengapa Memilih Kamaruddin Amin Menjadi Calon Rektor UIN Alauddin 2014-2019

1.  Akademisi-Birokrat

Pembangunan suatu perguruan tinggi tidak terlepas dari kapasistas individu seorang pemimpin dalam mengelola dan mengembangkan berbagai komponen terkait. UIN Alauddin sebagai perguruan tinggi agama Islam terbesar di kawasan Timur Indonesia menghadapi tantangan besar dalam mereaktualisasi peran strategis. Peran yang dimaksud adalah sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus sebagai pusat peradaban Islam. Di sini diperlukan kapasitas-keilmuan seorang pemimpin yang memainkan peran akademis lebih dominan dari pada peran politisnya.

Namun demikian, kapasitas keilmuan saja, rasanya belum memadai untuk mengantarkan suatu perguruan tinggi agama Islam sejajar dengan perguruan tinggi Islam dan umum lainnya. Apalagi jika tidak ditunjang oleh pengalaman birokrasi yang mumpuni. Hanya seorang ilmuan-birokratlah yang dapat mengelola dan memajukan perguruan tinggi di tengah derasnya arus globalisasi yang mengharuskan kita berubah ke arah yang lebih baik. 

2. Pemegang Reputasi Nasional dan Internasional 

Desakan perubahan secara menyeluruh sebagai dampak dari kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi mengharuskan kita mengubah mindset dan paradigma. Heterogenitas, kemajemukan, atau pluralitas bukanlah suatu hambatan, melainkan kekuatan yang harus dikelola, dikembangkan dan dibina. Sekat-sekat organisasi, tabir kesukuan, dan berbagai pandangan primordial harus melebur dalam suatu ranah kinerja. Membangun perguruan tinggi berarti membangun negara kesatuan Republik Indonesia dan tugas utamanya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana amanat UUD 1945. Di sinilah dibutuhkan pemimpin yang nasionalis yang tidak terkooptasi oleh desakan primordialisme, tetapi mampu membangun kerjasama kolabarasi secara internasional. Hanya pemimpin yang memiliki reputasi nasional dan internasional lah yang dapat membangun paradigma baru menuju universitas riset. Hal ini sangat disadari mengingat kemajuan suatu perguruan tinggi banyak ditentukan oleh sejauh mana publikasi hasil-hasil riset  secara nasional dan internasional. Temuan-temuan ilmiah menjadi bagian yang sangat integral untuk diintegrasikan secara menyeluruh dalam pelaksanaan pembelajaran. 

3. Visioner-Interpreneur



4. Pelaku Perubahan Status IAIN menjadi UIN


5. Eksekutor terbaik Dana Hibah Islamic Development Bank  

VISI, MISI, TUJUAN, DAN MOTTO


 Visi, Misi, Tujuan, dan Motto UIN Alauddin saat ini adalah

VISI
Pusat Pencerahan dan Transportasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam.

MISI
Sedangkan misinya adalah untuk:
  1. Menciptakan atmosfir akademik yang representative bagi peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan kemampuan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks).
  3. Mewujudkan universitas yang mandiri, berkarakter, bertatakelola baik, dan berdaya saing menuju universal riset dengan mengembangkan nilai spiritual dan traadisi keilmuan.
TUJUAN
  1. Menghasilkan produk intelektual yang bermanfaat dan terbangunnya potensi insane yang kuat dengan pertimbangan kearifan local.
  2. Terwujudnya kampus sebagai pusat pendidikan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis integrasi keilmuan.
  3. Terciptanya sistim manajemen, kepemimpinan, dan kelembagaan yang sehat serta terwujudnya tata ruang, lingkungan, dan iklim kampus yang islami.
  4. Terwujudnya jejaring kerjasama dengan lembaga local, nasioal, dan internasional.
MOTTO
3P : Pencerdasan, Pencerahan, Prestasi (Intelligence, Enlightenment, Achievement)

Visi, Misi, Tujuan, dan Motto UIN Alauddin yang akan datang

Visi UIN Alauddin yang akan datang adalah visi bersama (shared vision) yang dirancang dengan melibatkan berbagai komponen terkait. Dari visi bersama tersebut akan dikembangkan misi, tujuan, dan moto. Oleh karena itu visi bersama yang dimaksud akan dirancang untuk 25 tahun yang dibarengi dengan program kerja untuk jangka waktu setiap lima tahun yang kemudian dirinci pada setiap tahun. Berdasarkan visi bersama itu pula, dikembangkan Pola Pikir Sistematis dari seluruh komponen UIN Alauddin mulai dari tukang sapu hingga sampai pada level Rektorat. Dengan begitu pola pengembangan UIN Alauddin pada 25 tahun ke depan bersifat kolektif, artinya apa saja yang dipikirkan oleh pimpinan harus dapat diterjemahkan oleh seluruh komponen civitas akademika. Pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas utama dengan fokus peningkatan kinerja atau disebut dengan Personal Mastery, di mana individu-individu  yang kompeten menjadi pilar utama dalam pembangunan universitas. Di sinilah pentingnya pembinaan sumber daya manusia agar dapat membangun kesadaran untuk belajar setiap saat, Belajar Sepanjang Hayat, baik dilakukan secara mandiri maupun secara kelompok atau Belajar Beregu (team learning). Kelima pilar inilah yang dimaksud oleh Peter Senge dan Marquadth dengan istilah The Fifth Disciplines, suatu pola kepemimpinan dalam suatu institusi pendidikan.